0

Sekilas tentang BIOMA

Posted by Bang RIjal on 06.15 in
KONSEP BIOMA


Anda telah ketahui bahwa antara faktor abiotik dengan faktor biotik dalam ekosistem dapat saling mempengaruhi. Namun ada faktor abiotik yang tidak dapat dipengaruhi oleh faktor biotik. Faktor abiotik ini berada pada lingkup yang lebih luas, bahkan sangat menentukan jenis biotik baik tumbuhan ataupun hewan yang mampu hidup di dalamnya. Faktor abiotik tersebut adalah iklim regional atau iklim suatu tempat di permukaan bumi, yang dapat menentukan jenis Bioma. Tahukah Anda apakah Bioma itu?

Istilah Bioma berhubungan dengan kumpulan species (sekelompok hewan dan tumbuhan) yang dapat hidup di tempat tertentu di muka bumi, tergantung pada iklim regionalnya. Jadi Bioma adalah kumpulan species yang mendiami tempat tertentu di bumi yang dicirikan oleh vegetasi tertentu yang dominan dan langsung terlihat jelas di tempat tersebut. Oleh karena itu biasanya Bioma diberi nama berdasarkan tumbuhan yang dominan di daerah tersebut. Di permukaan bumi ini terdapat 7 macam bioma, yaitu: tundra, taiga (targe), gurun (padang pasir), padang rumput, savana, hutan hujan tropis, dan hutan decidous. Marilah kita pelajari bagaimana ciri atau karakteristik dari tiap-tiap jenis bioma tersebut.


Bioma adalah yang tinggal di suatu lokasi geografis tertentu. Bioma terbagi menjadi beberapa jenis, ditentukan oleh curah hujan dan intensitas cahaya mataharinya.

Perbedaan letak garis lintang dan ketinggian diatas pemukaan laut menyebabkan besarnya intensitas cahaya matahari dan curah hujan pada setiap daerah berbeda.


Misalnya pada pada daerah kutub utara terdapat bioma tundra yang menerima curah hujan sedikit dan intensitas cahaya matahari rendah, menyebabkan sedikit hewan dan tumbuhan yang tinggal. Karena iklim kutub, pemandangan yang tampak hanya padang rumput luas beku tanpa pepohonan. Pada saat musim panas yang singkat tumbuhan perdu kecil tumbuh berkembang dan tampak seperti semak. Hewan baik burung atau mamalia seperti rubah dan beruang kutub memiliki bulu yang tebal serta gumpalan lemak untuk adaptasi dengan lingkungan yang dingin. Saat musim dingin hewan-hewan tesebut warna bulunya menjadi putih supaya dapat berlindung dibawah salju dari pemangsa, sedangkan ketika musim panas bulunya menjadi agak gelap.


0 Comments

Poskan Komentar

Copyright © 2011 Belajar Pengetahuan All rights reserved. Theme by Qadry Qade. | Bloggerized by Trykerz17.